10 Aplikasi Penghemat Memori Internal Android Tanpa Root, Gratis

Aplikasi Penghemat Memori Internal – Bila kita lihat dari perkembangan teknologi smartphone yang semakin canggih ini, nampaknya ada beberapa bagian yang mulai dieliminasi. Salah satunya adalah komponen slot memori eksternal sebagai storage tambahan. Ini bisa dilihat dari hadirnya beberapa smartphone andalan yang dibuat di pabrikan terkemuka dunia yang tidak diperkuat dengan slot memori eksternal.

Langkah yang dilakukan oleh pabrikan seperti ini tentu bukan tanpa alasan. Karena hal ini tentunya mampu menekan biaya produksi. Selain itu, kabarnya keberadaan slot memori eksternal juga bisa mempengaruhi kecepatan kinerja ponsel pintar. Maka tak salah jika langkah ini mulai diterapkan pada smartphone andalannya.

Cara Menghemat Memori Internal Android Tanpa Root,Aplikasi Memori Tambahan Android,Aplikasi Penambah Memori Internal,Aplikasi Penambah Memori Internal Tanpa Root,Aplikasi Penghemat Ram,Memori Internal Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit,Aplikasi Memory Card,Cara Menghemat Kartu Memori

Namun, mengingat peran memori eksternal dianggap sangat penting untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan, terutama untuk menyimpan file multimedia. Jadi tidak sedikit pengguna smartphone yang keberatan dengan hal ini. Jadi kebanyakan pengguna smartphone, masih cenderung lebih memilih ponsel Android yang didukung dengan slot microSD yang terutama mampu memuat kapasitas lebih besar.

Tak bisa dipungkiri bahwa fitur multimedia seperti kamera adalah bagian yang paling mempengaruhi orang dalam memilih smartphone. Karena itu jika ponsel Android tidak dilengkapi dengan kapasitas memori yang besar tentunya akan membuat pengguna kerepotan dalam menyimpan foto dan video.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena meski memori eksternal pada keluaran smartphone Android terbaru sudah mulai dieliminasi. Vendor juga memberikan solusi untuk meningkatkan kapasitas memori internal dua atau bahkan tiga kali lebih besar dari biasanya. Jadi penyimpanan banyak file akan dianggap terpenuhi dengan baik.

Lalu, bagaimana jika kapasitas memori internal yang besar masih belum cukup untuk memenuhi penyimpanan smartphone? Jika ini terjadi, maka solusinya adalah dengan menginstall aplikasi Android Internal Memory Saver.

Nah pada kesempatan ini kami telah meringkas beberapa aplikasi untuk meningkatkan kapasitas memori internal Android. Aplikasi yang kami rekomendasikan ini cukup efektif untuk meringankan memori internal. Daripada Anda penasaran, Anda harus mengacu pada ulasan di bawah ini.

1. Galeri Dokter

Foto sebenarnya yang tidak pernah kami inginkan di galeri seperti foto buram, pencahayaan yang kurang optimal, foto dan foto duplikat dengan sudut pengambilan yang kecil hanya akan memenuhi kapasitas memori internal dan menjadi lebih ramai. Untuk mengatasinya, Anda bisa memasang aplikasi Gallery Doctor.

Aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh AVG Labs memang berguna untuk menghapus semua file foto yang tidak layak untuk disimpan. Jadi Anda tidak perlu repot mencari foto yang rusak atau kualitas buruk di galeri. Karena aplikasi Gallery Doctor ini akan melakukan pencarian secara otomatis.

Jika Anda telah menemukan beberapa foto yang tidak layak untuk disimpan, maka keputusan berikutnya untuk menghapus ada di tangan Anda. Jadi Anda bisa memilih lagi foto mana yang benar-benar tidak layak untuk Anda simpan.

2. Cleaner untuk WhatsApp

Tentunya kita semua sudah tahu bahwa WhatsApp adalah aplikasi chat paling populer sampai saat ini. Namun ada beberapa hal yang terkadang membuat pengguna merasa sedikit terganggu saat menggunakan App ini. Salah satunya adalah setting default dalam menerima file multimedia.

Karena setiap file multimedia seperti foto, rekaman suara atau video yang diterima saat asyik ngobrol, itu akan masuk ke memori internal. Jadi bagi Anda yang menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai aplikasi utama dalam mengirim pesan, maka akan banyak file multimedia yang terakumulasi, sehingga akan membuat memori internal smartphone Anda menjadi padat.

Sebaiknya hapus file multimedia yang tidak Anda inginkan. Agar lebih mudah menghapusnya, Anda bisa menggunakan aplikasi Cleaner For WhatsApp. Aplikasi ini dirancang khusus untuk memudahkan dalam menghapus file multimedia yang dikirim atau diterima melalui WhatsApp.

3. Gandakan File Fixer

Terkadang kita tidak menyadari bahwa di memori internal kita ada begitu banyak file duplikat, entah itu file foto, video atau musik. Biasanya ini terjadi saat kita ingin menyalin file atau memindahkan file dari satu folder ke folder lain.

Jika ini kita biarkan pasti akan membuat kapasitas memori internal menjadi semakin sempit. Dan tentu saja kita akan sulit jika Anda harus mencari file yang sama satu per satu, terutama dalam jumlah banyak.

Oleh karena itu cara mudah untuk menemukan dan menghapus file duplikat pada smartphone adalah dengan menggunakan aplikasi Fixer File Duplikat. Yang menarik adalah software Systweak Software yang sangat mudah digunakan.

4. Penyimpanan Awan

Sebagian besar ponsel Android sudah pasti sudah dilengkapi dengan cloud storage seperti Google Drive. Aplikasi semacam ini bisa Anda gunakan sebagai media penyimpanan tambahan, terutama bagi pengguna ponsel Android yang tidak dilengkapi dengan slot microSD.

Selain Google Drive, ada banyak aplikasi penyimpanan awan yang bisa Anda pilih seperti Dropbox, Onedrive, Box, Midiafire dan lain-lain. Yang menarik lagi aplikasi cloud storage bisa anda download secara gratis. Tetapi jika Anda menginginkan kapasitas yang lebih besar, tentunya Anda harus berlangganan.

Cara Menghemat Memori Internal Android Tanpa Root,Aplikasi Memori Tambahan Android,Aplikasi Penambah Memori Internal,Aplikasi Penambah Memori Internal Tanpa Root,Aplikasi Penghemat Ram,Memori Internal Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit,Aplikasi Memory Card,Cara Menghemat Kartu Memori

5. Link2SD

Secara default setiap aplikasi yang kami unduh, baik dari Google Play atau situs aplikasi lain, pasti akan masuk ke memori internal. Jadi dengan kata lain, faktor yang membuat memori internal semakin ramai, bukan karena file multimedia, tapi juga aplikasinya.

Solusi yang paling tepat adalah memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal. Memang seperti yang kita tahu ada beberapa aplikasi yang bisa ditransfer memori eksternal atau tidak.

Agar Anda bisa menggerakkan aplikasi sesuai keinginan, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Link2SD. Tapi untuk bisa menggunakan aplikasi yang satu ini, smartphone Anda pasti sudah dalam keadaan sudah di root.

6. SD pembantu

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi pembersih android lainnya, SD Maid juga sangat andal dalam urusan menghapus berbagai file temporer yang terdapat pada memori internal. Menariknya lagi aplikasi untuk menyimpan memori internal Android ini memiliki beragam fitur yang memungkinkan pengguna meringankan memori internal.

Sebut saja fitur Corpse Finder, dimana fitur ini berfungsi untuk mencari dan bahkan menghapus folder aplikasi yang tertinggal, karena aplikasi telah di-uninstall. Selain itu ada juga fitur yang memiliki fungsi Duplikat untuk menghapus file duplikat. Dengan demikian memori internal Anda akan dijamin lebih lega.

7. Foto Kompres

Jumlah foto favorit di smartphone tentu saja juga bisa mempersempit kapasitas memori internal. Selain data cadangan untuk meringankan memori internal, Anda juga bisa memampatkan foto untuk ukuran lebih kecil.

Aplikasi Internal Memory Saver Android untuk ini menggunakan Photo Compress. Anda juga tidak perlu khawatir dengan kualitas foto menjadi lebih buruk. Karena dengan menggunakan aplikasi ini bisa mengurangi ukuran foto tanpa mengurangi kualitas.

8. CCleaner

Awalnya CCleaner adalah aplikasi pembersih yang hanya ditujukan untuk perangkat PC. Namun setelah melihat popularitas perangkat smartphone, sang pengembang, Piriform memperluas sayapnya dengan membuat CCleaner untuk platform Android.

Jadi bagi Anda yang sering menggunakan perangkat komputer tentu sudah familiar dengan nama CCleaner. Kinerja aplikasi pembersih ini bisa dikatakan kuat. Menariknya lagi, aplikasi ini sangat ringan saat dijalankan, jadi tidak perlu khawatir meski spesifikasi smartphone anda tergolong kecil.

9. Pengoptimal Gambar

Pilihan lain dari Android App Penjual Internal Android selain Photo Compress adalah Image Optimizer, yang juga tidak kalah powerfull app untuk meminimalkan atau mengompres ukuran foto tanpa mengurangi kualitas foto. Yang menarik aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store

10. Google Foto

Untuk menyimpan memori internal di Android, selain memasang aplikasi Cloud, seperti Google Drive, nampaknya aplikasi Google Foto juga tidak harus diabaikan. Karena Android Memory Saver App ini dapat membantu mem-backup foto Anda ke Google Drive.

Semakin lama Anda menggunakan smartphone Android akan banyak foto pada memori internal Anda yang terakumulasi. Apalagi jika Anda suka narsis di depan kamera. Oleh karena itu aplikasi Google Photo sangat cocok sebagai pendamping aplikasi penyimpanan Cloud, terutama jika digunakan untuk backup foto.

10 Aplikasi Saran Memori Internal Android di atas sangat disarankan. Apalagi bagi Anda pengguna smartphone Android dengan memori internal yang biasa-biasa saja. Apalagi aplikasi diatas juga sangat ringan untuk bisa berjalan di smartphone dengan spec minimal.