2 Cara Mengaktifkan Google Assistant di Semua Hp Android Tanpa Root

Cara Mengaktifkan Google Assistant – Kecanggihan teknologi dari smartphone Android nampaknya berkembang sangat pesat. Ini terbukti dari hadirnya fitur terbaru Android yang disebut Google Asisten. Dengan menggunakan fitur canggih ini Anda bisa bertanya berbagai hal atau bahkan ngobrol seperti memiliki asisten pribadi. Namun sayang tidak semua pengguna smartphone Android bisa merasakan kecanggihan fitur terbaru buatan Google ini.

Pasalnya hanya ada beberapa smartphone Android yang bisa langsung menggunakannya, termasuk smartphone Google Pixel dan hp Android High-end terutama yang sudah menggunakan OS Android v7.0 Nougat. Jadi bagi Anda yang masih belum memiliki smartphone dengan kriteria di atas, mungkin mengalami hambatan untuk menggunakan fitur Google Assistant. Namun, bukan berarti smartphone Android Anda tidak bisa mengaktifkannya. Bagi Anda pengguna smartphone Android dengan minimal OS v6.0 Marshmallow, nampaknya bisa bernapas lega.

Cara Mengaktifkan Google Assistant Tanpa Root,Cara Mengaktifkan Google Assistant Di Android Marshmallow,Cara Mengaktifkan Google Assistant Di Android Lollipop,Cara Mengaktifkan Google Assistant Di Xiaomi,Cara Instal Google Assistant Di Lollipop,Cara Mengaktifkan Google Asisten Di Xiaomi,Cara Mengaktifkan Google Assistant Di Xiaomi Redmi Note 3,Cara Aktifkan Google Assistant Di Nougat

Karena Anda bisa mengaktifkan Google Asisten di ponsel Android Anda. Pada kesempatan ini, kita akan membahas dua tutorial Cara Mengaktifkan Asisten Google di Semua HP Android Tanpa Akar. Nah bagaimana langkahnya? Bagi Anda yang merasa penasaran, lihat saja pembahasan berikut.

Sebelum kita melakukan tutorial Cara Mengaktifkan Asisten Google di Android, kami ingin memberitahukan kepada anda bahwa untuk berlatih, disini kami menggunakan ponsel Samsung Galaxy yang tentunya menggunakan antarmuka Samsung TouchWiz UI. Jadi jika Anda adalah pengguna ponsel selain Samsung tentunya langkahnya akan berbeda.

Misalnya, untuk antarmuka Xiaomi dengan MIUI, Oppo menggunakan ColorOS dan Sony dengan Xperia UI. Meski menggunakan langkah yang berbeda, asalkan smartphone Anda sudah mendukung OS Android 6.0 Marshmallow, tentu masih bisa mengaktifkan Asisten Google.

1. Cara Mengaktifkan Asisten Google Dengan Google App

Mengingat smartphone yang kita gunakan sebenarnya tidak mendukung Google Asisten secara resmi, maka kita harus mengistal aplikasi Google dan versi Beta Google Play Services. Pastikan juga setelan ponsel cerdas Anda saat ini menggunakan bahasa Inggris (Amerika Serikat).

Langkah Pertama: Perbarui Aplikasi ke Versi Beta

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka menu Settings pada smartphone Anda. Lalu gulir ke bawah untuk mencari akun Google.
  2. Setelah itu tombol menu tab atau titik tiga di pojok kanan atas dan pilih menu Help & Feedback
  3. Jika Anda sudah berada di halaman Bantuan, ketuk menu atau tandai tiga lagi di sudut kanan atas, lalu pilih Lihat Di Google Playstore.
  4. Jika saat itu Anda akan masuk ke Google Play yang menampilkan laman Layanan Google Play
    Selanjutnya gulir ke bawah layar untuk menemukan Become a beta tester. Silahkan klik tombol
  5. I’M IN lalu konfirmasikan dengan pilih Join dan silahkan tunggu proses registrasi
  6. Sambil menunggu proses registrasi, silahkan masuk ke kolom pencarian untuk mencari di Google app lalu tab.
  7. Setelah masuk pada opsi Google, lalu gulir ke bawah ke bawah menjadi Become a beta tester, pilih tombol I’M IN lagi dan pilih Join. Setelah itu sama seperti sebelumnya silahkan anda tunggu proses registrasi.
  8. Jika pendaftaran Anda ke Google Apps dan Google Play Services berhasil, maka Anda akan muncul informasi Anda adalah penguji beta untuk aplikasi ini di kedua aplikasi.
    Selanjutnya silahkan update aplikasi kedua anda sampai selesai untuk mendapatkan versi beta.

Cara Mengaktifkan Google Assistant Tanpa Root,Cara Mengaktifkan Google Assistant Di Android Marshmallow,Cara Mengaktifkan Google Assistant Di Android Lollipop,Cara Mengaktifkan Google Assistant Di Xiaomi,Cara Instal Google Assistant Di Lollipop,Cara Mengaktifkan Google Asisten Di Xiaomi,Cara Mengaktifkan Google Assistant Di Xiaomi Redmi Note 3,Cara Aktifkan Google Assistant Di Nougat

Langkah Dua: Hapus Data Aplikasi

  1. Untuk langkah kedua ini Anda harus terlebih dahulu masuk ke menu Settings pada smartphone Anda, lalu pilih Applications> Application Manager
  2. Lalu gulir ke bawah dan pilih aplikasi Google.
  3. Jika kemudian Anda tab pilihan Storage> Storage Manager> Clear All Data di bagian bawah.
  4. Setelah itu silahkan Anda kembali ke Application Manager dan mencari aplikasi Google Play Services
  5. Selanjutnya ikuti langkah-langkahnya seperti sebelumnya, yaitu pilih Storage> Storage Manager> Clear All Data.

Langkah Tiga: Konfirmasikan Bahasa

Mengingat fitur canggih Google Assistant tidak mendukung bahasa Indonesia, Anda harus memastikan bahwa ponsel cerdas Anda berada dalam setelan dalam bahasa Inggris (Amerika Serikat). Bagaimana anda bisa masuk ke menu Settings> Language and Input> Language> English (United States)

Langkah Empat: Mengatur Tombol Beranda

Untuk langkah keempat ini adalah bagian yang paling penting, dan bahkan bisa membuat Anda yang tidak menggunakan smartphone Samsung Galaxy merasa bingung. Karena untuk menghadirkan fitur Google Assistant ini, pengguna harus menekan tombol Home pada smartphone dalam beberapa detik.

Seperti yang kita ketahui bahwa di smartphone Samsung Galaxy, tombol Home tersedia secara fisik dan ditetapkan secara default untuk menampilkan Google Now.

Sementara untuk pengguna smartphone Xiaomi, Sony, Asus Zenfone dan lain sebagainya, mungkin sebaiknya Anda mengatur dulu menu Settings lalu cari tombol setting dan buat aplikasi Google sebagai default saat Anda mengetuk tombol Home.

Jadi intinya anda harus mencari dan mengatur sendiri tombol Home sesuai dengan merk smartphone yang anda pakai saat ini.

Langkah Kelima: Memulai Google Asisten

Jika sudah selesai menyetel tombol Home untuk membuka Google Now maka kita akan mengaktifkan Google Assistant melalui Google Now.

  1. Pertama silahkan tekan tombol Home selama beberapa detik, maka anda akan melihat tampilan Google Now
  2. Selanjutnya silahkan pilih menu di pojok kiri atas dan pilih Settings
  3. Setelah itu Anda akan melihat menu pilihan Google Assistant> Settings> Continue. Jika kemudian tab pada tombol Yes I’m In
  4. Jika ya, segeralah keluar dari setting dan kembalikan tab pada Home patch selama beberapa detik untuk menggunakan Google Assistant
  5. Selanjutnya pilih Continue untuk mendaftarkan suara anda dan pilih Get Started
  6. Jika suaramu telah terdeteksi dengan tiga pilihan maka tab Selesai
  7. Setelah itu buka lockscreen ponsel cerdas Anda agar bisa langsung menggunakan fitur Google Assistant.
  8. Selesai

2. Cara Mengaktifkan Asisten Google dengan Google Allo

Mengapa menggunakan Google Allo? Pasalnya, aplikasi buatan Google itu yang mengusung fitur Google Assistant yang sangat mirip dengan yang dimiliki oleh Google Pixel.

  1. Pertama tentu anda harus menginstall Google Allo terlebih dahulu
  2. Jika sudah terpasang, maka buka aplikasi dan masukkan nomor telepon anda untuk verifikasi.
  3. Setelah itu pilih Next.
  4. Kini Anda bisa melihat semua fitur yang dimiliki oleh Google Allo. Pada halaman utama Anda akan melihat Google Asisten. Dan Anda bisa mulai ngobrol
  5. Disini anda bisa menanyakan berbagai hal di Google Asisten yang ada pada smartphone anda.
  6. Selesai

Baik Cara Mengaktifkan Asisten Google tentu saja akan bekerja dengan baik jika Anda menggunakan smartphone dengan OS Android v6.0 Marsmallow dan yang lebih baru.

Nah, begitulah pembahasan 2 Cara Mengaktifkan Asisten Google di Semua Android Hp Tanpa Root. Jadi dengan menggunakan tutorial di atas, Anda tidak perlu ngeroot terlebih dahulu. Dan semoga dengan mendengarkan informasi dari kami diatas bisa bermanfaat bagi anda semunya